soal dan jawaban "jamur"



1.tuliskan yang dimaksud dengan jamur
2.jelaskan struktur jamur
3.jelaskan klasifikasi jamur
4.jelaskan cara reproduksi jamur                                         
5.jelaskan manfaat jamur
6.contoh jamur berdasarkan klasifikasi
7.jelaskan cara jamur bersimbiosis
                       
                            jawaban
1.jamur merupakan organisme uniseluler atau multiseluler,dengan dinding sel tersusun dari kitin,tidak memiliki    
  klorofil,dan memiliki keturunan diploid yang singkat.
2.a.    Badan buah merupakan struktur reproduksi jamur yang bersifat sementara
  b.    Hifa adalah struktur menyerupai benang yang tersusun dari dinding berbentuk pipa
  c.    Sel penghasil spora merupakan bagian spora yang akan membentuk spora pada jamur
  d.    Miselium merupakan jaringan yang terbentuk oleh hifa

3.a.zygomycota adalah jamur yang selama masa seksual membentuk spora seksual khusus di sebut zigospora,memiliki hifa yang tidak bersekat
  b.ascomycotaadalah jamur yang membentuk spora generatif (askospora)di dalam askus.hifa memiliki sekat.
  c.basidiomycota adalah jamur yang tubuh buahnya besar dan membentuk spora generatif(basidiospora) didalam basidium,tiap basidium berisi empat basidospora,memiliki hifa bersekat
  d.deuteromycotas adalah jamur yang membentuk spora secara vegetatif dan belum memiliki cara reproduksi seksual,hifanya memiliki sekat
4.a.    Perkembangan secara aseksual dilakukan dengan pembelahan sel (fragmentasi) dan pembentukan spora. Pembentukan spora berfungsi untuk menyebarkan spesies dalam jumlah besar.
  b.    Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua sel inti yaitu melalui kontak gametangium dan konjugasi. Kontak gametangium menyebabkan terjadinya Singami, yaitu penyatuan sel dari dua individu. Singami terjadi dalam tiga tahap, yaitu plasmogami, kariogami ,  dan meiosis. Pada tahap plasmogami, terjadi penyatuan dua protoplas membentuk sel yang mengandung dua inti yang tidak menyatukan diri selama pembelahan sel (stadium dikariot). Pada saat bersamaan, terjadi pula pembelahan inti bersama. Setelah pembentukan benda buah, terjadilah peleburan sel haploid (kariogami) inti zigot yang diploid. Setelah ini, baru terjadi meiosis, yaitu pembelahan sel dan pengurangan jumlah kromosom menjadi haploid kembali.
  c.    Tubuh jamur biasanya mengandung inti sel yang haploid. Pembelahan mitosis dari sel jamur yang haploid membentuk spora aseksual. Jika mencapai tempat yang menguntungkan, spora aseksual akan memulai pembelahan mitosis. Pembelahan ini menghasilkan miselium haploid baru yang secara genetis sama dengan induknya.
  d.    Adapun pembentukan spora seksual dimulai ketika dua inti haploid melakukan fusi dan menghasilkan zigot yang diploid. Zigot kemudian melakukan pembelahan miosis dan membentuk spora seksual yang haploid. Spora kemudian menyebar, berkecambah, dan membelah secara meiosis membentuk miselium haploid yang baru.
5.a.sebagai bahan pangan.Volvariella volvacea (jamur merang) berguna sebagai bahan panganberprotein tinggi.
  b.Rhizopus dan Mucor berguna dalam industri bahan makanan, yaitu dalam pembuatan tempe dan oncom.
  c.Khamir Saccharomyces berguna sebagai fermentor dalam industri keju, roti, dan bir.
  d.Higroporus dan Lycoperdon perlatum berguna sebagai dekomposer.
6.a.zygomicota:Jamur tempe atau Rhizopus orizae,murcor mucedo,murcor javanicus,
  b.Ascomicotina::Jamur oncom atau Neurospora crassa,Ascomycota yang hidup sebagai saprofit, antaralain, Saccharomyces cereviciae (khamir bir, roti, dan alkohol),Saccharomyces tuac (khamir tuak), Saccharomyces ellipsoideus (khamiranggur), Penicillium sp. (makanan dan roti busuk), dan Neurospora crassa (pembuatan oncom). Contoh jamur yang tumbuh sebagai parasit adalah jamur Saccharomycosis yang menyerang pada epitel mulut anakanak.
  c.Basidiomicotina:Jamur Merang atau Volvariella volvachea,Pleurotes,Auricularia,Polyporus giganteus,Clavaria zippelli
  d.Deuterromicotina:jamur Helminthosporium oryzae,jamur oncom.
7.a.    Lumut kerak merupakan simbiosis antara jamur dan ganggang. Lumut kerak hidup sebagai epifit pada pepohonan. Lumut ini juga tumbuh di atas tanah, terutama daerah tundra di sekitar Kutub Utara. Selain itu, lumut kerak dapat hidup di segala ketinggian di atas batu cadas, di tepi pantai, sampai di gunung-gunung yang tinggi.
  b.    Mikoriza adalah suatu istilah yang digunakan untuk menyebut jamur yang bersimbiosis dengan akar tanaman. Beberapa anggota jamur Zygomycota,  Ascomycota, dan  Basidiomycota  ada yang menjadi anggota Mikoriza. Simbiosis antara jamur dan akar tanaman ini merupakan simbiosis mutualisme. Jamur diuntungkan karena mendapat zat organik, sedangkan tanaman mendapatkan air dan unsur hara. Keduanya saling bergantung. Jika salah satu mati, yang lain tidak dapat hidup.


0 komentar:

Posting Komentar