penyebab orang merokok

Penyebab orang merokok
Assalamualaikum Wr.Wb
Sobat pembaca, tulisan kali ini mudahmudahan dapat membuat kita terhindar dari yang namaya rokok,karena merokok selain membahayakan bagi kesehatan juga membuat kantong kita jadi kering ”KANKER” itulah istilah yang sering kita dengar.
Meski pemerintah telah memberikan peringatan pada setiap pembungkus rokok bahkan pada poster-poster rokok,namun masih banyak pula orang yang meminati rokok.
Namun ada beberapa penyebab orang merokok: 
1.        Faktor lingkungan


Faktor lingkungan sangatlah memberikan pengaruh terhadap seseorang ,karena seseorang itu adalah hasil produksi dari lingkungannya. Ketika lingkungan seseorang kurang bagus maka kemungkinan besar orang itu akan menjadi kurang baik ,begitu pun sebaliknya. Apabila seseorang memiliki lingkungan yang perokok maka kemungkinan besar orang itu akan menjadi seorang perokok.
2.       Faktor Gengsi


Faktor gengsi sering juga menjadi alasan seseorang meroko, utamanya remaja-remaja yang masih dalam peroses mencari jati dirinya,mengapa??? Karena umur remaja sangat menentukan hidup seseorang apabila lalai dimasa remaja maka masah selanjutnya akan menjadi kurang baik.begitu pun sebaliknya . Remaja biasanya memiliki rasa gengsi yang tinggi, ketika temanya merokok lantas ia tidak ia merasa gengsi karena tidak merokok “ katanya remaja tanpa rokok bagai daging tak bertulang” begitu katanya .
3.       Perhatian Orang tua


Orang tua adalah salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap seseorang karena orang tua adalah guru pertama bagi anaknya. Anak bagaikan kertas putih yang siap di tetesi tinta oleh kedua orang tuanya, ketika orang tua memberikan contoh yang baik bagi seorang anak maka insyallah  akan menjadi baik juga. Ketika seorang orang tua adalah seorang perokok otomatis anaknya sering melihat dan akan mencontohnya suatu saat nanti.
4.       Faktor dari dalam diri sendiri


Faktor yang satu ini merupakan faktor yang paling berpengaruh menurut saya , karena meski lingkungan baik,faktor gengsi dari teman kurangdan faktor dari orang tua sudah baik namun kesadaran diri tidak ada maka mungkin saja akan tetap menjadi seorang perokok.
Itulah penyebab orang merokok semoga sahabat pembaca bisa menghindari empat hal tersebut dan mengarungi hidup ini tanpa sebuah benda yang  bernama rokok karena ada ulama yang berpendapat bahwa merokok itu haram dalam Agama Islam.
Semoga bermanfaat…..!!!!!!
Assalamualaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar