Maksud Dari Sedekah Memanjangkan Umur



Assalamualaikum Wr. wb. 
Sedekah merupakan pemberian dari seorang muslis yang diberi kepada orang lain disertai rasa ikhlas atau suka rela. Salah satu manfaat sedekah yaitu mampu memanjangkan umur orang yang bersedekah. Tapi dalam dalil yang lain mengatakan Bahwa umur manusia itu telah ditentukan jau sebelum manusia dilahirkan.

Pertanyaannya :
Apa maksud dari sedekah memanjangkan umur ???

Respon muslim :
Memang benar umur manusia itu telah ditentukan oleh Allah jauh sebelum manusi itu dilahirkan ke dunia, tapi sedekah bisa memanjangkan umur manusia itu juga benar, tapi kita jangan salah memahaminya.
ada dua pendapat mengenai hal ini 
1. umur yang ditentukan Allah pada zaman azali atau jauh sebelum manusia itu dilahirkan adalah umur yang akan dipakai di alam dunia dan alam kubur.contoh, seseorang yang diberi umur 100 tahun oleh Allah 50 tahun di pakai di dunia dan 50 tahun di alam kubur ketika orang ini rajin bersedekah maka dengan izin Allah umur yang di akan di pakai di alam kubur akan di pindahkan sebagian ke alam dunia sehingga umur yang di dunia menjadi lebih banyak.
2. seseorang yang rajin bersedekah akan mendapat kesan positif dari orang yang ada di sekitarnya. Dengan kesan positif itu akan membuat orang yang rajin bersedekah menjadi berpengaruh atau di perhitungkan oleh orang yang ada disekitarnya, bahkan ketika dia sudah meninggal namanya masih akan disebut-sebut dan akanmempengaruhi kehidupan orang yang masih hidup, sehingga dianggap berumur panjang karana masih berpengaruh.

0 komentar:

Posting Komentar