Kitab-kitab Allah SWT, Urutan Turunnya dan Rasul Yang Menerimanya

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Kitab Allah merupakan kumpulan dari kalam Allah SWT yang diwahyukan kepada nabi dan rasul-Nya yang mengandung petunjuk dan kebenaran ajaran dalam kitabullah tersebut sesuai zamannya masing-masing. Oleh karena itu, isi kitab tersebut hanya sesuai untuk zamannya dan isi kitabullah yang satu berbeda dengan yang lain.
 Adapun kitab Allah yang harus kita imani dan ketahui antara lain :
1. Kitab Taurat
    Taurat berasal dari bahasa Suryani. menurut ummat islam, taurat adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Musa a.s untuk disampaikan kepada ummatnya.
isi kandunga kitab taurat secara umum adalah petunjuk bagi kaum bani israil serta cahaya yang di gunakan sebagai pedoman untuk memutuskan suatu perkara yang dihadapi.Kitab taurat mengandung 10 hukum yang terkenal yang di terima oleh Nabi Musa a.s di puncak bukit tursina yaitu mengakui keesan Allah, Larangan menyembah patung dan berhala, larangan menyebut nama Allah dengan sia-sia memuliakan hari sabtu, menghormati ayah dan ibu, larangan berbuat sina, larangan mencuru, larangan menjadi saksi palsu, dan larangan mempunyai keinginan memiliki hak orang lain.
2.  Kitab Zabur
     Secara bahasa Zabur berarti tulisan. kitab zabur adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Daud a.s dengan menggunakan bahsa qibti untuk di sampaikan kepada ummatnya, yaitu bani israil. Kitab zabur berisi kumpulan mazmur, nyayian,dan pujian kepada Allah.
3.  Kitab Injil 
     Injil berasal dari bahsa yunani yang dalam bahsa arab dikenal dengan istilah Al basyarah yang artinya berita selamat atau kabar gembira.
Menurut pandangan Islam, injil adalah wahyu yang diturunkan kepada Nabi Isa a.s dengan menggunakan bahsa ibrani untuk disampaikan kepada ummatnya. Kitab Injil berisi tentang ajaram menbersihkan jiwa raga dari kebekuan dan kotoran. Kitab Injil juga berisi ajaran-ajaran yang memberikan atau memperkuat ajaran yang terdapat pada ktab sebelumnya.
4.  Kitab Al- Qur'an
     Al- Qur'an adalah Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammada SAW untuk disampaikan kepada ummat manusia.
 Al-Qur'an adalah kitab yang terakhir diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab. Al-Qur'an merupakn mujisat terbesar yang dimiliki oleh Nabi MUhammad SAW. 

46 komentar:

  1. Betul dari kitab2 diatas harus tau tapi kebenaraan dan kesempurnaan ada di alquraan

    BalasHapus
  2. Betul dari kitab2 diatas harus tau tapi kebenaraan dan kesempurnaan ada di alquraan

    BalasHapus
  3. Betul al qur'an lah petunjuk yg sempurna

    BalasHapus
  4. Nabi MUHAMMAD SAW lah nabi terakhir yang ALLAH SAW utus dengan kitab suci nya yaitu AL-QURAN

    BalasHapus
  5. kalau yang di tuliskan injil sama persis dengan alquran barulah benar...sayangnya di alquran mengubah isi dari injil...jadi saya ragu dengan kitab terakhir...karena tidak sejalan dengan injil...contoh YESUS MATI DAN BANGKIT PADA HARI KE TIGA naik ke SURGA... tapi di alquran bilang YESUS tidak mati melainkan yang mirip dengan YESUS... meragukan sekali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas klo ragu.. Cri tw dlu injilnya versi mana.. Ad berpa perjanjian???... Lalu apakah yesus bilang sembahlah aku krena dia tuhan??.. Apakah patut Tuhan menyerupai mahkluknya. Tdk sama sekali... Allah maha besar.. Tdk pantas disamakan dgn manusia yg makan dan BaB

      Hapus
    2. Yg Pasti Injil yg Benar Bukan yg Fersi Islam ! He ... He .

      Hapus
    3. Justru Injil yang sekarang banyak yang berubah dari Injil yang sebelumnya, di Injil yang sebelumnya Tuhan itu satu tidak bentuknya manusia dan babi itu haram,sedangkan Injil yang baru Tuhan itu bentuknya manusia dan babi hutan yang haram malah babi peliharaan di bolehkan padahal Tuhan melarang tu pasti ada sebabnya salah satunya karna daging babi mengandung cacing vita dan sifat dasar babi itu kotor banget tahi sendiri dimakan dan tidak ada rasa cemburu sama sekali kalau pasangannya si tiduri babi lain gitu bro setauku.Wallaahu a'lam bissowaaf.

      Hapus
    4. Dr mana lo bs blg injil berubah ! Ha ... Ha ... Lo aja yg kaga ngarti itu sih !

      Hapus
    5. Gini loh mas..saat nabi isa ingin di salip karena ulah pengikutnya yg mengkhianatinya demi harta, allah SWT mwngangkat nabi isa ke langit ke tujuh untuk melawan dajjal di hari kiamat nnti, dan pengikut yg mengkhianati nabi isa di ubah mukanya oleh allah swt dgn muka nabi isa agar para prajurit menyalip orng yg mengkhianati nabi isa tsb

      Hapus
    6. Gini loh mas..saat nabi isa ingin di salip karena ulah pengikutnya yg mengkhianatinya demi harta, allah SWT mwngangkat nabi isa ke langit ke tujuh untuk melawan dajjal di hari kiamat nnti, dan pengikut yg mengkhianati nabi isa di ubah mukanya oleh allah swt dgn muka nabi isa agar para prajurit menyalip orng yg mengkhianati nabi isa tsb

      Hapus
    7. kita beralih ke yg sama persepsi saja..

      muslim dan nasrani membenarkan yesus disalip oleh kaum yahudi...

      nah, apa tidak konyol?
      kalian agung2kn/puji kaum (yahudi) yg membunuh tuhan (anggapan) kalian

      Hapus
    8. Kenapa gk ketemu nalar ya? Bukanya kita semua menyembah Tuhan, kenapa ngributin nabi sm kaum'nya. Y saya tau kebenaranya, kita orang indonesia yg percaya kepada Tuhan. Kenapa jd ngributin nabi sm bangsa'' d timur tengah. Jika ada perbedaan jadikan Tuhan sbgai pemersatu bukan ndebatin apa yg d lakukan manusia jaman dahulu, kaum dan nabi semua citpaan Tuhan jgn bandingkan dgn Tuhan yg sempurna. Jadi jika ada perbedaan berdoalah, kalian pikir semua manusia dan nabi sblum yesus dan muhamad semuanya berdosa karena tidak beragama islam dan katolik.

      Hapus
    9. Tuhan tdk pernah mati dan tdk prnh beranak dan di peranakan itu isi Al-Qur'an yg jgn diragukan lg..percaya tdk mas...??

      Hapus
    10. Liat di you tube ustad yahya mantan pastur

      Hapus
    11. Nah.. para nasrani tak berkutib :v

      Hapus
    12. Nah.. para nasrani tak berkutib :v

      Hapus
    13. Jere sopo yesusmu hari ketiga naik ke surga??
      Emange enek buktinya??

      Hapus
    14. pahami segala sesuatu jangan pada asal ngomong tuh kitab2 Allah (tuhan) yg mewahyukan kepadapara nabi. silahkan saling menjelekan agama tapi ingat tuhan maha sempurna, tuhan tidak pernah salah, klo ada yg menjelekan agama berarti dia lebih tau dari pada Allah (tuhan)

      Hapus
    15. Kalo mas nya ragu baca aja di Alquran .surat Maryam 19: 33-34.
      Trimakasih

      Hapus
    16. KALAU MAS GAK PERCAYA YA IKUTI AJA IMANMU TUHANNYA MANUSIA ..KELAK YANG MENYESAL KAN BUKAN KITA NAMUN KALAU KITA TANYA..!! SEBELUM NABI ISA LAHIR AGAMA APA PEDOMAN HIDUP ORANG BERAGAMA SAAT ITU

      Hapus
  6. Saya mempunyai pertanyaan, mohon dijawab. Injil menggunakan bahasa indonesia agar dpt dipahami bkn? Sedangkan al quran menggunakan bhs arab.. Ttp mengapa lbh banyak hafidz qur'an daripada hafidz injil? Pdhl katanya injil menggunakan bhs indonesia.. Jika ada yg berusaha mengubah injil kalian tdk akan tahu karena kalian tdk menghafalny.. Sedangkan jika quran ada yg mengubah pasti akan ketahuan cepat/lambat,karena kita menghafal isi quran tsb.berarti apakah injil tdk dilindungi lg oleh tuhan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SETUJU!!ALQURAN PAKAI BAHASA PERSATUAN YAITU BAHASA ARAB,JADI SWMUA MOSLEM SAMA BACAAN NYA!!NAH INJIL?APA BAHASA ASLI NYA?

      Hapus
    2. bahasa yg diberikan Allah kepada kita.

      Hapus
  7. Debatin kepercayaan, konyol bgt.. Hal kyk gitu udah d lakukan selama ribuan tahun dan cm ngasilin konflik. Yg kita sbgai umat beragama harus tau kalo kebenaran akan terungkap pd akhir jaman. Jadi yg perlu kita harus yakin, itu aja cukup. Jangan nambah dosa dgn mendahului dan memprediksi rencana Tuhan

    BalasHapus
  8. Berbicara tentang siapa yang harus di sembah, Allah atau Yesus?, berbicara kitab suci mana yang benar, semua tidak akan ketemu,agar bisa dijelaskan dengan sempurna maka, kita kenalilah tentang diri kita yang sedang hidup di dunia ini? Siapa diri kita? Siapa yang bisa merebuh dari setetes air mani menjadi manusia seperti kita di dalam kandungan ibu kita yang kemudian hidup di dunia? Kita semua lahir telanjang, tapi lahir sebagai makhluk paling sempurna, di beri mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, hati untuk memahami, akal untuk berfikir, sudahkan kita gunakan kesempurnaan yang ada itu, sehingga bisa menyelamatkan hidup kita? Sesama manusia saya siap tolong menolong dalam kebaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju... agama itu satu. merek nya aja yg banyak. wkwkwk

      Hapus
  9. Dr perjanjian lama, baru, kitab injil mana aja, ada ngga yesus menyatakan dia tuhan, atau blg, sembahlah saya..😊 satu ayat saja, kl ada info saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga perna baca. Kitab meraka .. yesus itu bukan tuhan melainkan utusan Allah .. seperti halnya nabi muhammad .. nabi kita .. tpi yg saya heran kenapa menyebahnya dan bukan tuhan yg menciptakan nabi mereka ..

      Hapus
  10. Balasan
    1. woiiii tuhan tidak pernah salah, tuhan tidak pernah dikeritik cuma anda yg berani mengeritik apa yg di wahyukan, bisa2nya tuhan selalu kurang menurunkan wahyu nya. di sempurnakan yg ini lah, terus sempurnakan itu lah. hadehhh cape deh... loe aja udah jadi tuhan.

      Hapus
  11. Simple nya gini,zabur disempurnakan oleh taurat,nah injil menyempurnakan taurat,nah alquran menyempurnakan injil!!iyakan??nah kalo ada yg lengkap,ngapa lu pake yg expired??sekaluian ajalo pake kitab nabi adam...wkkk..wkkk..lagian knapa sih lo kali ke gereja pake sepatu??bingung gw!!gimane kalo lu nginjek tai??hah?pkir!!buka sepatu kalo ketempat ibadah coy..mikir!!pake pula rokmini,tengtop,waduhhh lo mo ibadah apa pesta!!enak tuh pendeta matanya jelalatan!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian aja lo pake bikini!!biar mlotot tuh pendeta...belum lagi kitab dobel gitu ada lama ada baru,nah nanti ada lagi song yg terbaru!!denegrin zakir naik,bansinhkan dg pendetalo,mana yg bener!!itu baru smart!!lagian mana ada kiyai yg masuk keresten(ada sih ngaku ngaku kiayai,masuk keresten,akhirnya kwalat,di bui!!wkkkk...wkkk,pendeta mualaf bejibun!!adu ocehan pendeta lo sama zakir naik,then lo bandingin!!berani??tar mualaf lo...wkkkk...wkkk

      Hapus
  12. MasyaAllah.. mohon petunjukmu ya Rabb

    BalasHapus
  13. Mohon maaf sebelumnya saudara2ku, tidak ada niatan menghina. Saya hanya ingin mengemukakan 3 poin :
    .
    1. sudahkah baca ending kematian Yesus di 4 Alkitab Markus, Matius, Lukas, Yohanes? Semuanya berbeda. Dari masing2 injil selalu ada penambahan.
    .
    2. Taukah mengenai Nag Hammadi? Literatur ini jauh lebih tua dari injil manapun. Daan didalamnya dituliskan saksi2 yg menyatakan bukan Yesus yang di salib.
    .
    3. Silakan cari di seluruh kitab agama Abrahamik (Taurat/Torah/Perjanjian Lama, Zabur/Psalm/Mazmur, Alkitab/Injil/Perjanjian Baru, Al-Qur'an) ciri seorang Nabi/Rasul adalah dia selalu diselamatkan Allah SWT. Nabi Ibrahim dibakar, Nabi Yunus ditelan paus, Nabi Musa dikejar fir'aun, Nabi Muhammad diracun dan nabi2 lain. Semuanya selamat. Nah masa Nabi Isa nggak dilindungi Allah SWT? Why? Apalagi tercatat sebelum disalib Yesus berdoa dengan sungguh2 hingga keringatnya mengalir bagai darah untuk dilewatkan dari "cawan ini". Berikan kami alasan kenapa Allah SWT tidak mengabulkan doa dan menyelamatkan beliau?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nabi Isa Alaihissalam diselamatkan oleh Allah, beliau diselamatkan oleh allah dengan menyerupakan pengikutnya yg berkhianat dan mengangkat nabi isa kesisi allah untuk ditagguhkan sampai tiba waktunya untuk nabi isa turun dan mengalahkan Dajjal. Wallahu A'lam bisshawab🙏

      Hapus
  14. semua itu rahasia Allah kepo banet loh mau tau urusan Allah. udah loe aja jadi Tuhan biar gua yg sembah.
    dasar kepo.

    BalasHapus
  15. Allah menurunkan para nabinya manusia yg terpilih, itu sudah ursan Allah memikirkan hamba2 nya yg selalu berbuat salah, para nabi itu pilihan Allah.. klo ada yg sangsi atas apa yg sudah dikehendaki nya yaudah protes aja sama Allah. atau kalian aja jadi tuhan biar gua deh yg sembah elo wahai manusia kotor yg sok kepo.

    BalasHapus
  16. yg sekarang itu banyak2 berbuat kebaikan, banyak2 bersukur pada Allah atas segala yg diberikan pada kita, dan berbakti pada kedua org tua kita.
    klo ngk salah cuma itukan bekal kita mati? bukan pilih lah nabi yg benar dan pilihlah agama yg paling sempurna.

    BalasHapus
  17. . menurut qo kita harus saling menghargai sesama manusia
    . meskipun beda agama
    . dan inti nya semua kitab Allah yg turunkan dan saya menyakini kitab injil karna di stu mengajarkan kasih yg sangat indah dan tak bisa d ungkap dengan kata kata ..
    . dan d sini qta d pandang tuhan semua suci tak ada yg najis jd saling menghargai sajha , syhallom ..

    BalasHapus
  18. Sudah jelas tahap2annya setiap kitab diturunkan pada masa2 saat terjadi kekacauan di saat itu,kalau kitab isinya semua bagus, apalagi dari tuhan termasuk kitab injil kalau yg perjanjian lama mengakui di Akhir jaman ada rosul atau seorang utusan, tapi karna injil sudah bukan aslinya dan di ganti dengan perjanjian baru, jadi kalau di logika kalamulloh kok bisa di rubah itu sama juga bohong, boleh sama2 di belajari yg nasrani liat2 isi alquran, yg muslim liat2 injil hanya ingin tau kebenaran, jangan jadikan agama kita sebagai warisan tapi pelajarilah. Ibaratnya presiden sekarang era jokowi masak ikut era pak habibi yang pasti ya gak berlaku, sama seperti kitab, dari taurot,zabur,injil, yg terbaru alquran,

    BalasHapus
  19. Kitab it semua baik. Karna isinya mengajarkn kebaikn. Tp alqur,an kitab yg paling sempurna.

    BalasHapus
  20. Ambil yg di yakin dan diyakini sendiri mana yg terbaik hati kamu.
    ......kalau ga yakin dgn pilihan mu
    .....COBA MATI DULU TAR TAU BUKTI NYA boskuh

    BalasHapus