Kewajiban orang tua kepada anaknya

Kewajiban Orang Tua Kepada Anaknya



Assalamualaikum Wr. Wb.
kali ini saya akan menulis sebuah artikel yang bejudul kewajiban orang tua kepada anaknya karna sebelumnya saya telah menulis mengenai cara berbakti kepada kedua orang tua kedua hal ini akan kita alami dalam hidup ini jika kita merasa normal,karena Rasullullah menganjurkan kita untuk berkeluarga agar kita dapat memiliki ladang amal di dunia untuk bekal kita di hari akhirat nanti.

Kewajiban orang tua kepada anaknya :

1. Memberi nama yang cantik
       pemberian nama kepada seorang anak sangat berpengaruh karena nama itu adalah doa bagi seorang anak.bahkan saya pernah mendengar bahwa di padang masyar nanti ketika matahari sejengkal dari kepala taukah anda nama yang pertama dipanggil adalah nama yang indah,dan nama yang baik yang mengandung arti yang baik.
2. Memberikan pendidikan
        pendidikan sangatlah penting apalagi pada saman sekarang ini pendidikan sudah menjadi proritas manusia. Dalam hadis Rasullulah SAW juga di jelaskan bahwa menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslimin dan muslimah.
3. Memberi nafkah yang halal
        Memberi nafkah kepada anak atau keluarga itu wajib bagi seorang ayah namun sering kali kita tidak pernah berfikir apakah harta yang diberikan itu halal atau tidak. Kita semua harus berhati hati terhadap nafkah yang tidak halal atau haram karena ketika kita atau keluarga kita memakan sesuatu yang haram dan makanan itu menjadi daging dalam tubuh kita,hanya api nerakalah yang mampu menghapus keharaman itu.
4. Menikahkan anak
         Seorang orang tua juga berkewajiban menikahkan anaknya, karena menikah sangat di anjurkan oleh Rasulullah SAW namun masalah yang kita jumpai sekarang ini banyak anak yang menikah tanpa sepengetahuan orang tuanya. Saya juga pernah membaca suatu novel yang menceritakan tentang nikah sirih atau nikah bawah tangan .

mungkin itulah yang dapat tulis dalam artikel saya kali ini semoga bermanfaat dalam kehidupan kita dan menjadikan kita orang-orang yang memnuhi kewajiban kita terhadap anak kita yang akan menjadi ladang amal bagi kita,karena kita ketahui anak yang sholeh merupakan amal jaria bagi orang tuanya.
Assalamualaikum Wr. Wb. 

0 komentar:

Posting Komentar