Cara berbakti kepada orang tua



Cara Berbakti Kepada Orang Tua


Asssalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Dalam artikel terdahulu saya telah membahas tentang arti kedua orang tua, pada kesempatan kali ini saya mengajak semua sobat pembaca untuk membahas bagai mana cara kita berbuat baik kepada kedua orang tua atau berbakti kepada kedua orang tua.
Berbakti kepada kedua orang tua itu secara garis besar meliputi dua keadaan, yaitu: berbuat baik kepada kedua orang tua atau salah satunya ketika beliau masih hidup dan berbuat bai kepada kedua  orang tua atau salah satunya di kala mereka sudah di panggil oleh yang maha kuasa.
Berbuat bauk kepada kedua orang tua selama orang tua masih hidup pada prinsipnya di lakukan dengan cara menya takan rasa terima kasih kepada orang tua, berbakti , bergaul dangan baik, dan menghormati keduanya ,seperti yang di tegaskan Allah dalam firman-Nya :

وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَىٰ وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ
Arti :»(14). Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
وَإِنْ جَاهَدَاكَ عَلَىٰ أَنْ تُشْرِكَ بِي مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ فَلَا تُطِعْهُمَا ۖوَصَاحِبْهُمَا فِي الدُّنْيَا مَعْرُوفًا ۖوَاتَّبِعْ سَبِيلَ مَنْ أَنَابَ إِلَيَّ ۚثُمَّ إِلَيَّ مَرْجِعُكُمْ فَأُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Arti :»(15). Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, makan Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.
Jika dalam suatu keadaan yang menghendaki harus memilih mana yang lebih dahulu yang harus di kerjakan antara kepentingan ibu dan bapak, maka kepentingan ibu harus didahulukan sebagai mana di ajarkan Rasulullah.
Berbuat baik kepada kedua orang tua di saat keduanya telah kembali kepada Allah SWT dapat di lakukan dengan cara mendoakan keduanya, sebab do’a anak shaleh untuk orang tuanya merupakan salah satu dari 3 amalan manusia yang tidak terputus walaupun telah meninggal dunia, sebagai mana yang di jelaskan dalam sabda Nabi yang arinya:
Apabila seseorang meninggal dunia maka terputuslah semua amalnya kecuali ada tiga hal, yaitu sedekah jariyah,ilmu yang berguna atau bermanfaat bagi sesamanya mahluk hidup,dan doa anak yang shaleh.

4 komentar:

  1. :D hehehe mantap

    http://www.pelajarepic.com/2013/04/acer-iconia-w510-tab-pc-for-windows-8.html

    BalasHapus
  2. SubhanalLah.. Semoga kita Menjadii putera puteri yang shalih dan shaLihah.. Sangatt Membantu untuk tema dakwah saya, syukron katsir..

    BalasHapus