Momen Awal Lahirnya Bahasa Persatuan Indonesia



Nama            : Muh. Ichsan Mahmud
NIM                : D22114009 







Tahukah anda awal lahirnya bahasa yang memersatukan bangsa ini ? mungkin sebagian diantara kita tidak tahu atau bahkan merasa hal ini tidak penting. Coba kita bayangkan sandainya tidak ada bahasa yang memersatukan republik Indonesia ini, pasti kita akan mengalami kesulitan untuk mengunjungi setiap daerah yang ada di Indonesia karena harus mempelajari bahasa setip daerah.
Bahasa Indonsia tidak muncul begitu saja dengan sendiriya. Bahasa Indonesia memalui proses yang panjang dengan berbagai pertimbangan. Bahasa indonesia berasal dari bahasa melayu yg di gunakan oleh masyarakat di Riau.
Ada beberapa alasan mengapa bahasa melayu dipilih mejadi bahasa Indonesia. Pada saat itu bahasa melayu sudah menjadi bahasa pengantar penduduk nusantara, bahasa melayu juga tersebar dipelosok nusantara, yang disebarkan oleh pedagang dan bahasa melayu memiliki bentuk yang sederhana, tidak memiliki staratifikasi.
Momen lahirnya bahasa Indonesia diawali dengan diterbitknnya buku-buku dan karya sastra yang lain yang mengunakan bahasa indonesia sebagai bahasa pengantarnya, kemudian peristiwa sumpah pemuda yang di dalamnya tercantum bahasa persatuan adalah bahasa indoesia, dan selajutnya bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu juga tercatat dalam UUD 1945 yang di keluarkan pada tanggal 18 agustus atau sehari setelah proklamasi dibacakan.

0 komentar:

Posting Komentar