Ceramah tentang "PENTINGNYA ILMU DI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA"

Bismillahi rahmani rahim
Assalamu alaikum wr . wb

Allhamdulillah, alhamdulillahi rabbilalamin wabihinastainu ala umuridunnya waddin wassalatu wassalamu ala asrafil ambiayi wal mursalin saydina muhammadin wa’ala alihi waashabihi aj’main amma ba’ad maasyiran muslimin rahimakumullah.
Pertama-tama dan paling utama tiada kata yang paling syahdu kita dengar selain kata hamdala (Alhamdulilahi Rabbilalamin)
Puja dan puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan ramat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita masih dapat di berikan kesempatan,kesehatan sekaligus kemauan dalam berkumpul di tempat ini. Salawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad saw yang telah menuntun kita kearah jalan yang benar khususnya jalan yang di ridhoi oleh Allah swt.
Adapun judul pidato yang akan saya bawakan yaitu :
PENTINGNYA ILMU DI DALAM KEHIDUPAN MANUSIA
Hadirin dan hadirat yang berbahagia…
Ilmu pengetahuan adalah sebuah jalan yang dapat membimbing kita kearah kebahagiaan  hidup di dunia dan di  akhirat. Ilmu pengetahuan adalah sebuah cahaya yang akan menyinari kehidupan manusia sehingga mereka tidak akan kehilangan arah. Manusia tidak akan menjadi kabur pada saat mereka harus membedakan mana yang benar dan mana yang salah.dengan ilmi pengetahuan ini pula manusia akan mengerti tugas-tugas mereka sebagai makhluk Allah yang di ciptakan hanya untuk menyembah kepadanya semata. Atas dasar inilah Allah mengangkat posisi dan derajat manusia yang mempunyai ilmu pengetahuan kedalam posisi dan derajat yang tinggi di dunia ini sekaligus di akhirat kelak.
Yarfaillahuu llasiina amanu minkum wallasina utuu ilma darajat (Q.S Al-mujadilah : 11). Yang artinya : Allah akan mengangkat posisi dan derajat orang-orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang menuntun ilmu dengan beberapa derajat.
Hadirin dan hadirat yang berbahagia
Ilmu sesungguhnya mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia kita tidak akan hidup lebih baik tanpa adanya peranan ilmu. Maka dari itu marilah kita gunakan kesempatan hidup di dunia ini dengan mempelajari ilmu. Sebab ilmu, laksana sebuah cahaya yang akan menerangi kita di saat kita dalam kegelapan. Dalam aktifitas sehari-hari berbagai macam tindakan duniawi, akan menjadi lebih sempurna dan berguna bila  di dasarkan pada ilmu. Maka tentu kita akan memperoleh keselamatan sekaligus apa yang kita kerjakan akan mendapatkan balasan yang setimpal oleh Allah swt. Begitupun sebaliknya orang yang bekerja tanpa ilmu mereka akan selalu jatuh kedalam suatu yang di larang. Hal seperti ini yang sering kali terjebak manusia jatuh kedalam tindakan yang aneaneh. Itu di sebabkan oleh kebodohan mereka. Oleh karena itu, peranan ilmu ternyata sangat penting di alam kehidupan manusia.
   Sebagaiman di riwayatkan dalam hadist: seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah “ ya Rasulullah perbuatan amal apakah yang paling mulia? Rasulullah menjawab “ILMU” kemudian bertanya lagi ya Rasulullah sesungguhnya aku bertanya tentang suatu amal perbuatan (belum sampai pertanyaan itu) Rasulullah menjawab Allah tidak akan mau menerima amal perbuatan manusia kecuali yang di landasi pada ilmu.
Hadirin yang terhormat
Sebagai kesimpulan jadilah manusia yang terpelajar dan sebagai orang yang belajar atau sebagai pendengar ilmu dan orang yang mencintai ilmu dan janganlah kamu menjadi orang yang kelima yang hasilnya adalah kamu dalam rugi dan kerugian.

5 komentar:

  1. Assalamualaikum.... Hadirilah Acara Akbar Komunitas Blogger Wajo dalam rangka Hari ulang tahun ke 2 Komunitas Blogger Wajo

    Hari : Sabtu - Minggu 24 - 25 Agustus 2013
    Check In : 16.00 WITA
    Check Out : 08.00 WITA

    Tempat : Rumah Adat Atakkae

    Agenda Acara :
    - Pembekalan Blog dan Pembekalan Organisasi
    - Rapat Internal Khusus Komunitas Blogger Wajo
    - Sharing Bareng sesama Blogger

    BalasHapus
  2. Makasih karna sudah membantu...

    BalasHapus